Pembuatan Kolam Terpal Untuk Lele

SetelaSetelah perkenalan dan analisa usaha pembesaran ikan lele di kolam terpal, sekarang gw coba untuk sedikit menjelaskan cara pembuatan kolam terpalnya. Penjelasan ini sesuai dengan apa yang saya lakukan sendiri, sehingga mungkin ada beberapa perbedaan dengan orang2 yang sudah pernah membuat kolam serupa or perbedaan dengan apa yang sudah di jelaskan di blog2 lain.

Apa saja yang di perlukan untuk membuat kolam terpal?

1. Lahan, usahakan lahan yang sedikit rindang, tapi jangan langsung di bawah pohon.

2. Terpal, berukuran ukuran 4×5. yang gw pake adalah terpal jenis A3, lebih tebal. Tapi gw juga pernah ngeliat beberapa kolam sejenis dengan terpal yang lebih tipis. Jadi, gw pikir itu pun bisa di pakai untuk menghemat biaya.

3. Bambu, diperlukan bambu yang dibelah besar. dengan ukuran 2,2 meter sebanyak kurang lebih 10 belahan, dan ukuran 3,2 meter sebanyak kurang lebih 10 belahan.

4. Tiang patok, diperlukan kayu yang nantinya bakal tumbuh agar bisa bertahan lama, seperti tanaman Hanjuang or apa sajalah yang kuat . Jangan menggunakan bambu karena masa pakainya terbatas.

5. Paku, digunakan untuk memaku belahan bambu ke patoknya.

6. Kawat, digunakan untuk mengikat terpal ke patok/bambu.

Cara pembuatan :

Setelah semua bahan tersedia, terlebih dulu ratakan tanah yang akan di pakai untuk mendirikan kolam terpal, jangan sampai ada benda tajam di atasnya. Lalu dirikanlah patok di empat sudut berbeda dengan ukuran panjang 3 meter dan lebar 2 meter. Kemudian pasang belahan bambu 2,2 m untuk lebarnya dengan menggunakan paku, dan belahan bambu 3,2 m untuk panjangnya. pasang agak merapat agar rangka kolam kuat, setelah semua terpasang, maka terpal dapat dipasang membentuk segi empat di dalam rangka tersebut. Ujung terpal di ikat kuat2 dengan kawat ke patok. Karena nantinya terpal akan diisi air, maka pastikan rangka kolam terpasang dengan kuat.

Seperti diceritakan disini, gw coba kasih gambaran berapa sih keuntungan yang kita peroleh untuk membuat usaha ini? Analisa usaha ini gw buat sendiri berdasarkan apa yang telah gw alami dan pelajari. Yang gw alami artinya sampai tahap pembelian bibit dan pakan. Sedangkan yang lainnya berdasarkan yang gw pelajari dan cari tau.

1. Analisa Usaha yang gw buat secara umum

Analisa Usaha Budidaya Lele

A. Biaya Investasi
1. 3 buah terpal ukuran 2 x 3: @Rp. 150.000,-     = Rp.  450.000,-
2. Selang 15 meter @Rp.2.500,-                                  = Rp.    37.500,-
3. Ember karet 2 buah @Rp.10.000,-                        = Rp.    20.000,-
4. Gayung 1 buah @Rp. 5000,-                                     = Rp.      5.000,-
5. Lamit 1 buah @Rp.15.000,-                                      = Rp.    15.000,-
                     Jumlah                                                             = Rp.  527.500,-

B. Biaya Produksi
1. Bibit lele 5000 ekor @Rp.300,-                 = Rp.1.500.000,-
2. Pakan selama 3 bulan                                      = Rp.   337.000,-
3. Obat-obatan selama 3 bulan                         = Rp.     50.000,-
4. Tenaga Kerja                                                        = Rp.   900.000,-
6. Biaya Penyusutan/ periode Rp.527.500 : 10 

                                                                                       = Rp.     52.750,-
5. Biaya lain-lain                                                     = Rp.   100.000,-
                     Jumlah                                               = Rp. 2.939.750,-

Perkiraan Hasil
Panen : 70% x 5000 : 7 = 500 kg x Rp. 7000,      = Rp. 3.500.000,-
Pendapatan =  Rp. 3.500.000 – 2.939.750           =     Rp.560.250,-

BEP =  Rp. 2.939.750 : 500 =  Rp.  5879.5
   
        Nah, itu analisa usaha secara umum dengan perhitungan 5000 bibit lele yang di tanam. Sekarang analisa usaha yang bener2 gw alami dalam arti kata apa adanya saja.. hehehe…

2. Analisa usaha itung2an skala kecil yang gw alami saat ini

Biaya investasi

1. Lahan Tanah (saya tanggung)                                   Rp. 0,-
2. 2 buah terpal ukuran 2 x 3: @Rp. 150.000,-     Rp. 300.000,-  
3. Bambu (saya tanggung)                                               Rp. 0,-             
4. Paku 1 kg                                                                            Rp. 8.000,
5. Tukang (saya sendiri)                                                   Rp. 0,-
    Jumlah                                                                                 Rp. 308.000,-              

Biaya Produksi
1. Bibit/benih 1000 ekor @Rp.300,-                          Rp. 300.000,-
2. Pakan :
    Pakan bulan pertama 5kg @Rp. 10.000,-              Rp.  50.000,
    Pakan selanjutnya   1Bal  @Rp. 180.000,-             Rp. 180.000,-
    Biaya obat/lain-lain                                                         Rp.  50.000,-
    Jumlah                                                                                   Rp. 580.000,-

Jumlah modal awal  = Rp. 888.000

Diperkirakan panen 1 kolam 150 kg
Harga lele /bulan Mei 2008 = Rp. 9.000/kg (harga bisa berubah sewaktu-waktu)
150 X 9.000 = Rp. 1.350.000

Pemasukan/panen    = Rp. 1.350.000

Keuntungan/panen   = Rp. 1.350.000 – Rp. 888.000
                                           = Rp. 462.000,-

Itu analisa usaha untuk panen pertama. Untuk panen2 selanjutnya jelas lebih besar karena tidak memerlukan biaya investasi lagi. Oya, kata2 “saya tanggung” itu artinya gw tidak mengeluarkan biaya untuk itu. beruntung banget di rumah ada lahan sedikit dan kebun bambu. hehehehe….

About these ads

32 Responses to “Pembuatan Kolam Terpal Untuk Lele”

  1. Wah lengkp bnget bro..aku mau memulai usaha..lele sangkuriang mohon instruksinya ya bos
    dua jempol..dech trimakash

  2. Dear Pak Bay,

    Itu cuman salah satu dari 1000 inspirasi usaha .. smoga bermanfaat

    selamat mencoba & smoga berhasil

  3. Terima kasih infonya bro.. Btw utk kolam 2 x 3 apakah cukup utk menampung bibit 5000 smp dengan siap panen ? Thx.

  4. ubaidillah Says:

    assalamualaikum
    saya mau tanya
    1.untuk kolam ukuran 3x2x0.45 terpal yang digunakan ukuran apa y dan jenis terpal apa
    2.ada g terpal yang bentuk kotak untuk memudahkan pemasanggannya

  5. kurang lengkap tu cara pembuatannya…
    klau gak bs bt yg lengkap,,gak usah pede2 buat blog d0nk…

  6. Adrian Triwidiastyo Says:

    Assalamualaikum.. kalo boleh tau itu pakanya apa kok murah banget ya…

  7. ass…..ku mau nanya kalau budidaya ikan lele pada ruangan tertutup bisa tidak…???

  8. edy suryanto Says:

    ajarin donk sya cara2 nambak ikan lele pak,….

  9. Menuju TKP… Cobain ahh.. bismillah

  10. beli bibit lelenya kok mahal baget 5000 ekor aja masak 1,5 jt gak sampe segitu ditempat saya 1000 ekor aja 100rb..

    • Bro Lele Koplak yang terhormat ,

      Terima kasih sudah sudi mampir … untuk masalah biaya produksi itu fluktuativ … artinya beda daerah beda biaya produksi, kalo anda bisa mendapatkan biaya produksi rendah ada kemungkinan untung nya lebih banyak . Good luck

  11. bisa minta CP’,nya gan ..?

  12. Thx ats infonya Mas
    sangat lengkap , mga dengan tulisan Mas kan ad manfaanya buat saya,
    karna saya tertarik akan 2. Analisa usaha itung2an skala kecil yang gw alami saat ini..
    hampir mirip dengan Lahan yang tersedia d rmh saya.

  13. UD. NABILA LELE

    Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
    Jenis : Sangkuriang (Sertifikat)
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tanah / sumur.
    Kolam : Terpal dan semen
    Pakan : Cacing sutra.
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 17 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    2-2 cm : 15.000.
    2-3 cm : 8.000.
    3-4 cm : 7.000.
    3-5 cm : 5.000.
    4-6 cm : 4.000
    5-7 cm : 3.000
    Induk : 15.
    Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.mbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta (10 meter selatan Honda AHASS)
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

    Catatan :
    Cara mempersiapkan air kolam terpal/semen sebelum bibit ditebar :
    a) Masukkan air setinggi 20 cm dengan cara dipancurkan
    b) Tebar garam ikan/garam grasak 100 g / m2
    c) Diamkan selama 3 hari
    d) Tambah volume air sesuai ukuran bibit
    e) Masukkan pupuk urea 10 g / m2 atau pupuk organik cair dan katalis plankton (probiotik) yang mengandung bakteri nitro (Em4, Sell multi) dosis 10 ml / m2
    f) Diamkan selama 5 hari sampai air berubah warna bening kehijauan dan bibit siap ditebar.

  14. bang aq slalu bingung pemasarannya???kalo dah terjun bisnis……
    mohon bantu cara…pemasaranya???
    cos dulu aq dah pernah bisnis ayam sayur..gagalnya di pemasaran ajh……makasih.

  15. go to my website,free coupon…

    [...]Pembuatan Kolam Terpal Untuk Lele « Catatan kaki emint[...]…

  16. Mas, kolam terpalnya dilengkapi dengan lubang untuk pengeluaran air untuk pembersihan/panen ? trims arif

    • Mas Arifin,

      Kalo yang aku buat ga ada , soale kesulitan buatnya blum m.
      Kalo utk bersih ato panen disisi tertentu (lebih rendah)kita lepas tali ato pake diesel air itu / kreativitas aja ko ..
      Thanks

  17. wahh… thanks buat infonya,,,,,info ini sangat berharga bagi saya pribadi maupun orang lain yang menbacanya……….. saya ingin memulai usaha ini mumpung saya masih muda, hehehe, minta doa restu. ekekke

  18. mw tanya gan,,wa br mo mulai ni usah,,,rencana wa buat d atas ruko,,,kira bisa ga ya?? ap ga terlalu panas tu t4 ny,,,mohon pencerahan ny

  19. Mas mau nanya nih… gimana kondisi kolam terpalnya ketika terisi air setinggi katakanlah 80% dr tinggi kolam? Mengingat rangkanya dr bambu gitu… a pa ga jebol rangka bambunya akibat tekanan air dr dlm kolam? Share pengalamannya ya mas…makasi sebeluknya….

    • Mas Hanny yang terhormat,

      Terima kasih berkenan mampir …
      Selama ini ga jebol tuhh … tergantung juga jenis bambanu digunakan , dimaksimalkan kekuatan bambu sejajar …
      Kalau memang ga puas pake bambu, tergantung sampean sendiri (kreativitas) . Thanks

  20. For newest news you have to go to see the web and on world-wide-web
    I found this web site as a most excellent web page for newest updates.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: